Ingin mengganti DVD player Anda dengan Blu-Ray Disc,  namun masih bingung akan perbedaan antara kedua gadget home video tersebut? Temukan jawabannya dalam artikel ini yang akan membantu Anda memperoleh informasi seputar Blu-Ray Disc yang akan menambah referensi Anda sebelum menggunakan “si cakram biru’ ini.

 

Blu-Ray Disc [BRD] tidak hanya dapat diputar di Blu-Ray player, bila tidak memiliki player-nya, Anda dapat memainkan Blu-Ray Disc tersebut dengan menggunakan PlayStation 3 yang telah mendukung sisitem pemutaran Blu-Ray. Sedangkan DVD, selain diputar di DVD player dapat juga dimainkan di PlayStation 2.

 

BRD menggunakan ultra-short dengan panjang gelombang laser 405 nanometer, lebih kecil jika dibandingkan dengan DVD yang mencapai 650 nanometer. Dengan begitu, maka bisa menyorot objek dengan presisi lebih tinggi. Hasilnya, data bisa diikat dengan lebih ketat dan disimpan di ruang yang lebih kecil. Inilah yang membuat BRDmampu menyimpan lebih banyak data meskipun ukuran disk-nya sama dengan CD atau DVD. BRDjuga memiliki lapisan permukaan yang lebih tipis, hanya 0,1mm dibandingkan HD-DVD yang tebalnya 0,6mm. Dengan begitu, laser bisa menembakkan data dengan lebih fokus. Untuk read atau write, kecepatan minimal Blu-Ray adalah 1x atau sekitar 36Mbps, jauh dari DVD yang kecepatannya hanya 10Mbps. Dan kabarnya, kecepatan tersebut masih akan ditingkatkan hingga 8x atau 288Mbps.

Meskipun BRDmemiliki berbagai kecanggihan akan teknologi home video terkini, namun, perkembangan BRDdi Indonesia tidak terlalu signifikan, bahkan terkesan biasa-biasa saja atau bahkan kalah jauh apabila dibandingkan ketika DVD baru masuk ke tanah air. Hal ini disebabkan oleh faktor harga blu-ray disc dan blu-ray player dipasaran masih sangat tinggi. Harga Blu-Ray player dipatok antara 4 s/d 6 juta rupiah, sedangkan sekepingBRDberkisar antara 400 s/d 600 ribu rupiah.

Di Societie Pondok Indah Mal 2–salah satu toko yang menjual BRD– misalnya, sekepingBRDproduksi lokal diberi harga Rp 399.000, sedangkan untukBRDimport paling mahal berharga Rp 699.000 sekeping. Menurut Sulaiman, kepala toko Societie Pondok Indah Mal 2, saat weekday tokonya mampu menjual 3-5 keping BRDdan ketika weekend dapat mencapai 10-15 keping. “Genre film action adalah yang paling diminati para penikmat BRD,” tambahnya. Di akhir, ia kemudian mengajak  untuk mencoba BRDanimasi berjudul Monster House yang sudah mengadaptasi teknologi 3D. Hatipun menerka-nerka, kehebatan apalagi yang akan ditawarkan Blu-Ray 3D ini? Serta sensasi apalagi yang dapat dirasakan ketika menontonnya? Let’s give it a try. « [teks & foto: indra]

Postingan lain dari kelompok kami bisa dilihat di sini